Wednesday, August 4, 2021

Pengalaman Mengurus Balik Nama Pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Bogor dan PLN Rayon Prima Pakuan

Hai guys!

Hari ini gue mau berbagi cerita pengalaman mengurus balik nama pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Bogor cabang Ciomas dan PLN Rayon Prima Pakuan. Gue pikir bakalan ribet, taunya mudah dan cepat banget ternyata!

Oke, kita mulai dari awal banget ya… It’s a looong story, so please bear with me ya!


Jadi, tahun kemarin di tengah pandemi Covid-19 gue dikasih rezeki sama Allah Swt. untuk beli rumah pertama di usia yang ke-27 tahun. Cash. Tunai keras. Alhamdulillah.

Lokasi rumah yang gue beli ini beda kota/kabupaten dengan rumah orang tua gue di Taman Yasmin, Kota Bogor, tapi nggak terlalu jauh sih jaraknya—cuma sekitar kurang lebih 6 km-an dan bisa ditempuh dalam waktu 15-20 menit. Bisa tebak dong nama daerahnya? Yak, tidak lain dan tidak bukan: Ciomas.

Banyak yang sangsi sama pilihan gue; kenapa harus di sana, itu kan kabupaten, kan daerahnya blablabla, nggak ada mall, etc. Memang sih, lokasi rumah baru gue ini bukan di kompleks perumahan elit ala Taman Yasmin ya, tapi itu malah bagus karena artinya bayar pajak PBB dan segala tetek bengeknya bakalan jauh lebih murah. Hehehe…

Alasan mendasar gue ngebeli rumah ini cuma satu: dari awal gue menginjakkan kaki pas show unit bareng agent, gue langsung jatuh cinta sama rumahnya. Homey banget. Desain arsitektur rumahnya itu juga sesuai impian gue dari dulu, yaitu kalo beli rumah harus yang ceiling tinggi supaya sirkulasi udara bagus dan nggak panas. Tapi saking tingginya, gue harus beli tangga di Ace Hardware yang ukuran 4 meter buat bisa naik ke atap.

Setelah urusan jual-beli rumah selesai, gue langsung ngecat rumah dengan warna sesuai keinginan gue, pasang kanopi di carport dan sebagian halaman depan, dan mengisi rumah dengan perabotan & furnitur. Nggak lupa naikin daya listrik  dari 900 VA jadi 2200 VA, yang kebetulan waktu itu lagi diskon HUT RI jadi cuma bayar Rp 170.845,- dan prosesnya juga gampang bangetttt.

Nah, waktu lagi nengok rumah pas ngecor tanjakan carport, gue dengar cerita dari (calon) tetangga kalo banyak banget yang ngincer buat beli rumah ini, tapi ada aja kendalanya. Baru gue yang datang sekali, langsung bayar. Ya, namanya beli rumah kan jodoh-jodohan kan ya…

Okay, kita fast forward ke bulan Juli 2021 yaaa

Gue itu sebenarnya udah lama kepikiran buat balik nama pelanggan PDAM dan PLN, tapi selalu maju-mundur terus buat ngelakuinnya karena overthinking bakal ribet prosesnya dan juga pasti mahal. Mana di internet nggak terlalu jelas juga alur prosedur dan biaya-biaya yang diperlukan. Sampai akhirnya gue iseng aja nih dua hari yang lalu googling syarat balik nama di PDAM Tirta Pakuan (tetangga sebelah PDAM Tirta Kahuripan) dan PLN.

Di website PDAM Tirta Pakuan tertulis kalo syarat yang diperlukan untuk balik nama adalah fotokopi KTP pemilik rumah, fotokopi bukti kepemilikan rumah alias sertifikat rumah, dan bukti bayar tagihan terakhir. Iya, ketiga hal itu saja plus nanti ada biaya administrasi gitu yang gue nggak tahu berapa karena disesuaikan dengan golongan pelanggan.

Sementara itu, syarat yang diperlukan untuk balik nama pelanggan PLN Prabayar adalah fotokopi KTP pemilik rumah, fotokopi bukti kepemilikan rumah alias sertifikat rumah, dan nomor ID dan nama lama pelanggan. Kalo pelanggan PLN Paskabayar harus menambahkan bukti bayar tagihan terakhir.

Berbekal informasi dari internet, kemarin gue nekad buat datang ke dua instansi BUMN tersebut meskipun lagi PPKM Level 4 ye kaaan. Jarak rumah gue ke kantor PDAM Tirta Kahuripan cabang Ciomas cuma 5 menit, sayangnya kantornya lagi ditutup dan baru buka besok (hari ini). Gue tanya dulu ke Pak Satpam kalo mau balik nama ke bagian mana, dijawab ke Hublang alias hubungan pelanggan. OK, noted.

Akhirnya gue lanjut perjalanan ke kantor PLN Rayon Prima Pakuan di Jl. Kapt. Muslihat, Kota Bogor. Iya, rumah gue terletak di Kab. Bogor, tapi kantor PLN-nya ada di Kota Bogor karena jaringan listrik daerah rumah gue menginduk ke Kota Bogor.

Alhamdulillah kedatangan gue disambut baik Pak Satpam PLN. Karena sedang PPKM, jadinya pelanggan yang ada keperluan nggak bisa masuk bertemu langsung customer service. Pas ditanya keperluannya apa, gue bilang aja ke Pak Satpam-nya kalo gue mau balik nama dan gue sodorin tuh berkas yang gue bawa. Ternyata berkasnya sudah sesuai dan langsung dibawa masuk ke dalam gedung. Pas gue tanya berapa biayanya, dijawab GRATISSS. Terus gue tanya lagi berapa lama prosesnya, dijawab maksimal 30 hari.

Langsung deh cusss ke Botani Square buat jajan saking seneng banget kan urusan sama BUMN bisa beres cuma dalam waktu 5 menit. Mana GRATIS pula!

Besoknya, alias hari ini, gue berangkat lagi kan ke kantor PDAM. Agak kesiangan sih, jam 10 lewat 15 menit baru jalan, sementara itu jadwal tutupnya jam 12 siang. Yaudahlah yaaa…

Sampe sana, gue langsung menuju ke bagian Hublang. Dan sesuai harapan gue: ngantre panjang. Tapi untung flow antreannya lumayan cepet sih. Gue ditangani sama Ibu yang sangat helpful. Pas gue bilang mau balik nama sambil nyodorin berkas, beliau bilang kalo sebenarnya tinggal ke bagian pembayaran aja kalo udah lengkap syaratnya Terus gue bilang kalo gue disuruhnya ke Hublang, jadilah si Ibu langsung bangkit dari duduknya dan bawa berkas gue ke bagian pembayaran yang lokasinya beda ruangan. Nggak lama gue disodorin kartu pelanggan yang sudah tercetak nama gue beserta kwitansi administrasi balik nama sebesar Rp 15.000,-


Gue seterkesima itu karena prosesnya cepet banget. Gue mikirnya bakalan ribet dan mahal, ternyata udah aja selesai dalam waktu 10 menit (karena tadi kan ngobrol-ngobrol dulu sama ibunya) dan cuma perlu bayar 15 rebu.

Dan saking hepinya gue jalan-jalan ke Tol Jagorawi terus jajan di McD Pom Bensin Shell yang ada di KM 21.

Nah, segitu dulu deh cerita pengalaman gue mengurus balik nama pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Bogor cabang Ciomas dan PLN Rayon Prima Pakuan.

Ya udah, semoga bermanfaat ya cerita gue ini. Have a great day!

Adieu!



Update:

Pas nyampe rumah habis jajan McD di Tol Jagorawi, gue cek nama pelanggan PLN gue udah berhasil berubah. Yeay!





No comments:

Post a Comment