Saturday, December 24, 2016

Magang di Lazada

¡Hola mis amigos!

Hari ini baru bangun dan rasanya pengin langsung update blog...


Well, nyari kerja itu penuh perjuangan ya. Sejak kelulusan gue di bulan Agustus kemarin, gue sempat apply di banyak perusahaan tapi sayangnya belum juga ada balasan. Rata-rata posisi yang gue apply itu syaratnya fresh graduate, tapi harus udah punya pengalaman kerja at least 2 tahun. Sakit kepala kan tuh jadinya!



Nah, tapi gue masih inget banget pas tanggal 9 November sore menjelang Magrib gue lihat di Jobstreet ada lowongan magang untuk beberapa divisi di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Syaratnya anak kuliah semester akhir. Waduh, awalnya gue mau lewat aja tuh lowongan soalnya kan gue fresh graduate, tapi entah kenapa gue malah pencet iklannya dan meluncurlah gue ke email buat ngirim lamaran.

Emailnya terkirim jam 18.01, nah, menurut perkiraan gue, mungkin besok atau lusa baru bakalan ada jawaban karena gue ngirimnya lewat dari jam kerja. Tapi tahu nggak, tepat 5 menit kemudian gue dapet telepon dari Mbak Lidya yang bilang gue bakalan tes dan interview besok jam 10 pagi. Anjir, cepet banget ini responnya! Yaudah deh tuh, setelah ditelpon itu gue mempersiapkan diri kira-kira bakal ngomong apa besok pagi, komat-kamit sampe menjelang tidur.


Gue bangun cukup pagi sambil masih terus komat-kamit nginget-nginget persiapan interview yang gue punya biar nggak lupa dan berusaha tetap cool, soalnya gue kalo nervous suka bubar jalan gitu persiapan yang awalnya udah matang. Hari pertama interview gue milih naik kereta Commuter Line dan astagfirullah ternyata desek-desekan banget kalo ngereta pagi-pagi.


Gue sampe kantor sekitar jam 9 lewat (yang baru gue tahu ternyata jam kerja kantor itu mulai jam 9), duduk manis di lobi lantai 8. Masih sepi banget, tapi aura kantornya positif dan anak muda banget. Gue nunggu sampe berasa lumutan, mana laper pula belom sarapan. Mudah-mudahan nggak pingsan deh gue di depan orang HR.


Selama nunggu dipanggil, gue kebelet pipis kan ya, jadinya gue nyari toilet. Eh, malah ketemu Nurita, anak FIB UI yang pernah sekelas di kelas Spanyol Pak Danny. Doi juga magang di sini ternyata, tapi udah agak lama jadi anak magangnya. Hebohlah koridor deket toilet itu sama suara gue. Astaganaga, Saumi!!!

Baru sekitar jam 11 Mbak Amalia dari HR menghampiri kami (ya, ada beberapa calon karyawan yang akan interview hari ini). Langsung aja dong kita diajak ke ruangan dan dikasih tes. Anjay, gue berasa kuliah lagi. Ada tes Excel, nulis artikel, dan ada hitung-hitungan matematikanya lagi! Mati deh gue...


Ya udah deh gue pasrah aja ngerjainnya. Gue kerjain yang gue ngerti aja, sisanya mengarang bebas. Hehehe... Kalo nggak salah batas waktu ngerjainnya tesnya itu sekitar satu jam apa ya, udah rada lupa. Nah, pas di akhir tes itu Mbak Amalia bilang kalo kandidat yang lolos bakal dihubungi buat interview sama user. Habis beres tes gue sowan sebentar ke kantor kakak gue yang ada di gedung yang sama, cuma beda lantai aja.



Long story short, Lidya ngontak gue lagi, ngabarin kalo gue kayaknya lebih cocok masuk divisi Vendor Acquisition dan bakal di-interview sama Mbak Jasmine (Head of Self-Sign Up, yang bakal jadi atasan langsungnya gue) hari Selasa tanggal 15 November nanti, jam dua siang.

Nah, di hari interview, si dodol ini malah bawa mobil dari Bogor jam 9an pagi. You know what, macet bangke dong! Anjrit, udah panik aja mikir ini gue bakal sampe apa engga. Tapi akhirnya gue nyampe dengan selamat pas makan siang. Berhubung kakak gue kantornya ada di gedung yang sama, akhirya gue milih ketemu kakak gue dulu. Ngadem sama nodong makan siang. Wkwkwk

Beres makan siang, gue turun ke lantai 8 tuh buat interview. Kali ini gue nggak nunggu sampe lumutan kok, cuma sekitar 15 menitan lah, Mbak Amalia ngegiring gue ke ruang meeting kecil, beda dari ruangan pas tes kapan hari itu. Duduklah ya gue di ruangan itu sendirian dan dipersilakan minum air mineral yang tergeletak di meja. Kalo ditawarin sih gue langsung sikat. Sluurp...

Duh, ini gue yang gugup apa emang suhu di ruangan itu (sengaja dibikin) makin lama makin dingin ya? Tuh kan, tuh kan, jadinya kebelet pipis lagi kan, padahal pas baru nyampe di lobi tadi kan udah pipis.

Pas lagi komat-kamit nyiapin intro tentang diri gue sambil berusaha nahan pipis sebisa mungkin, pintu dibuka dan... bukan Mbak Amalia yang muncul. Ini pasti yang namanya Mbak Jasmine. OK, gue akui dia cantik banget dan seketika gue merasa diri ini adalah debu knalpot kopaja. Gue juga langsung lupa kalo gue lagi kebelet pipis!

Tadi sebenernya gue mau rada lama melongonya tapi takut dikira nggak sopan ya, jadi secepat kilat gue sapalah Mbak Jasmine ini. Kemudian dimulailah sesi interview-nya dan puji syukur berjalan lancar. Fyi, gue nanya dulu tuh ini interview-nya in English or Bahasa, dan interview-nya dibolehin pake bahasa Indonesia, mungkin karena faktor atasan langsung gue itu orang Indonesia.

Nggak ada sejam deh kayaknya gue interview tuh. Suasana interview dan pertanyaan dari user-nya standar aja sih. Nggak semenakutkan yang gue bayangkan.

Dan, sehari kemudian gue langsung dapet offering letter. Disebutkan kalo gue mulai aktif tanggal 21 November.

Yep, jadilah sebulan yang lalu gue resmi menjadi bagian dari tim Vendor Acquisition di PT. Ecart Webportal Indonesia a.k.a Lazada Indonesia. Belum permanen sih ya, masih anak magang unyu gitu statusnya. Hehehehe

Fast forward ke hari pertama kerja...

Gue dateng pagi banget dong, sekitar 7.40 an, pake baju rapi banget pula. Sepertinya euforia hari pertama kerja di pekerjaan pertama setelah wisuda.


Hari pertama super rapi
Lobi kantor yang super sepi



Dan kali ini gue agak lumutan nunggu sampe sekitar jam 10. Menanti Mbak Lidya muncul menjemput dari lobi kantor. Kita anak-anak magang baru dikumpulin dulu gitu, kenalan satu sama lain, dan tanda tangan kontrak. Trus kita dibawa ke lantai 9 yang jadi tempat kita kerja selanjutnya.

Pas gue lihat, teman-teman di lantai 9 ternyata banyakan yang pake kaos ke kantor. Widih, mantap! Baiklah, besok-besok gue bakal ngaos ke kantor!

OK. di meja VA gue dikenalin sama Salsa dan Dimas (mereka anak magang juga). Kalo Salsa nyapa gue dengan ramah, si Dimas kayak jutek gitu. Kesel kali ya space duduknya tambah sempit gara-gara kedatangan gue.

Ada juga Kak Mpit, Kak Egy, Kak Angel, Kak Rian, Daddy Sean (Head of Vendor Acquisition), dan Luc (il est franรงais, le chef de Marketplace). Terus di meja lain masih tersebar anak-anak VA lainnya. Ada Mas Adi, Mbak Thia, Mas Ronny, Kak Yuan, Teh Ine, Mbak Andrya, Mbak Lestari, Mas Wahyu, Nico, Mas Ardi, Mbak Via, Mas Armando, Mbak Tennie, dan Mbak Lia.

Banyak banget emang ini anak-anak tim VA. Gue sampe butuh waktu yang cukup lama untuk ngapalin nama-nama mereka, ditambah nama-nama orang dari tim lain yang perlu gue temui. Tapi sayangnya setelah gue masuk kerja tuh satu per satu pada resign, jadinya tim yang terkenal banyak personilnya ini makin lama makin ramping.

Nggak butuh waktu lama buat gue untuk nambah teman di sini. Salsa ngenalin gue ke hampir semua orang yang dia kenal dan gue jadi dekat dengan beberapa di antaranya karena sering makan siang dan nongkrong di Chill bareng. Mereka adalah trio Nurita-Ina-Putri(anak magang SEO), Widi (mimin Lazada), Riana (anak desain), dan pasti si Salsa. Entah kenapa, kami tuh langsung akrab aja gitu. Selang waktu berjalan, gue dan mereka sepakat namain geng makan siang kami ini sebagai Bala-Bala Unch-Unch. Alasan di baliknya adalah kami suka banget makan bala-bala enak di tukang gorengan samping gedung kantor. Yak, emang se-enggak penting banget itu sih alasannya.

Salsa dan gue sudah seperti satpam meja VA karena kami berdua dateng paling pagi dan pulang hampir paling malam (soalnya yang pulang paling akhir pasti Mbak Jasmine). Salsa juga jadi semacam pawang gue dalam berbagai hal di kantor, yang ngajarin gue dengan sabar banget tentang kerjaan, beda banget sama si Dimas yang gemesan. Hahaha... Tuh, gue puji lo nih, Sals! Hahaha maaf ya Dims, tapi aku tetep cayangcelalucamakamu kok... Makasih ya Sals, makasih ya Dims!






Salsa




Menuju Harbolnas 12.12 2016








Menjelang Harbolnas 12.12 2016

Bahkan ada konsol game di kantor!


Last day Kak Angel






Pertama kalinya berani dudukin ayunan di Chill


Last day Kak Angel






Candid-in Monsieur Andreani


Seneng ayunannya nggak roboh


Seneng juga bisa pulang lebih awal




Kerja di Chill

Simulasi kebakaran gedung (ini gue lagi ngos-ngosan masih sempet aje foto)

Jadi talent dadakan video Instagram Lazada


Bonding time


Last day Luc






Teman ngoceh bahasa Prancis gue ini pindah ke Singapura, jadi Managing Director Food Panda






Sebelum Year End Party Lazada


Menuju tipsy





Ah, bersyukur banget deh bisa jadi bagian dari Lazada. Kantor ini berjiwa muda banget. Sejauh ini gue lihat mereka nggak mendiskriminasi makhluk-makhluk macam gue yang cewek tapi tomboy banget, nggak melihat badan gue yang gede ini jadi halangan (banyak banget kan perusahan yang nyantumin good looking sebagai syaratnya), nggak maksa gue untuk dandan ke kantor. Nyaman bangetlah pokoknya.

Lazada juga ngajarin gue belajar banyak hal sebagai pegawai kantoran. Ngerasain siklus bangun subuh-berangkat pagi buta-pulang tengah malam-mandi-tidur diulang terus dari Senin-Jumat. Sarapan-makan siang-makan malem di kantor. Bisa-bisanya tidur di kereta dalam posisi jadi ikan sarden. Ikut merasakan juga menjadi bagian di balik layarnya Online Revolution / Harbolnas 12.12 yang super hectic tapi fun, mencicipi Year End Party-nya Lazada, ikutan kehebohan syuting Om, Telolet, Om!, dan masih banyak hal lain lagi. Udah gitu menjelang akhir bulan dan akhir tahun begini katanya juga masih bakalan hectic, ditambah lagi katanya Lazada mau ada migrasi sistem. Duh, kebayang deh mumetnya bakal kayak gimana!

Etapi Bu Bos lagi liburan deng akhir tahun ini, jadinya agak sedikit tenang. #eh

Ya udah, segitu dulu aja ya ceritanya. Kalo masih penasaran tentang pengalaman magang gue di Lazada, tunggu terus update-annya ya!

Ciao!


PS: Oh ya, Selamat Hari Natal untuk teman-teman yang merayakannya! Selamat liburan buat yang bisa dapet jatah libur cuti bersama!

31 comments:

  1. cara magang di lazada gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nola, makasih udah mampir ke blog saya. Yang saya tahu sih, Lazada sering buka lowongan di Jobstreet atau bisa juga dicek di https://www.lazada.com/work-at-lazada

      Delete
  2. Hi, Ka Saumi, Terimakasih atas kisahnya, sangat membantu sekali untuk gambaran magang di lazada,aku juga sedang hiring disitu nih, terus kalau boleh tau status setelah magang disitu statusnya bagaimana tuh? adakah kesempatan untuk bekerja disitu juga? salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ahsan, maaf saya baru sempat buka blog lagi. Oh ya, saya sudah balas pertanyaannya via DM ya. Bonne chance !

      Delete
  3. Hi ka saumii .. makasihhh bgt udh sharing pengalamannyaaa.. btw ka kalo untuk praktek kerja lapangan di sana apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Maaf banget baru dibalas, baru buka blog lagi soalnya. Setahu saya sih bisa banget ya, soalnya ada teman saya yang praktik kerja lapangan di Lazada. Kalo nggak salah sih syaratnya itu ada surat dari kampus deh kalo untuk PKL ya. Coba aja ngajuin ke kantornya yang sekarang ada di Capital Place, Jakarta Selatan. Sukses ya!

      Delete
  4. Kalo magang di lazada transportnya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Maaf ya baru dibalas, baru buka blog lagi soalnya. saya kurang tahu besarannya untuk sekarang berapa, cuma kalo waktu saya sih cukuplah untuk transport. Pengalaman magang di sini berharga banget sih menurut saya dibandingkan besaran uang yang diterima. Hehehe

      Delete
  5. Halo ka saumi. Terimakasih sudah sharing pengalaman magangnya :) aku mau tanya apakah di lazada ini paid internship ? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Maaf ya baru dibalas, baru buka blog lagi soalnya. Iya, ini paid internship. Hanya saja saya kurang tahu besarannya untuk sekarang berapa. Kalo cari pengalaman kerja yang fun dan casual sih, emang menurut saya Lazada sih yang da best. Hehehe

      Delete
  6. Bagaimana prosedur untuk intership mahasiswa semester 6 disana? dan berapa lama kak? kalo boleh tau. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Raka! Maaf banget baru bisa balas, baru sempat buka blog lagi soalnya. Setahu saya untuk internship di Lazada tinggal daftar aja, mereka sering buka lowongan internship kok. Kalo misalnya untuk tugas kampus, kalo nggak salah sih syaratnya itu ada surat dari kampus deh. Coba aja ngajuin ke kantornya yang sekarang ada di Capital Place, Jakarta Selatan.

      Delete
  7. kak mau nnya, magang untuk mahasiswa smster 4 jurusan logistik ada tdk? dan bagaimana daftarnya dan brp lama magangny??? terimaksihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Silakan cek http://www.lazada.com/work-at-lazada#keyword=&categoryId=&locationId=IDN ... Mereka sering buka lowongan intern kok. Sukses ya!

      Delete
  8. Kak mau tanya, klo magang d lazada bisakah d bdg? Apa hrs d kantor yg d jkt???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Berlin! Setahuku sih magang di Lazada hanya ditempatkan di Jakarta (Head Office). :)

      Delete
  9. Hallo kak kalo utk pkl di lazada job desc nya apakah sesuai dengan konsentrasi jurusan. Jd jurusan saya adalah manajemen konsenstrasi marketing..apakah sesuai kak ? Makasih kak mohon dijawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rini! Well, bisa iya, bisa tidak. Kebetulan saya dan teman saya berbeda jauh antara jurusan dan job desc-nya. Namun di divisi lain ada yang memang sesuai dengan jurusannya. Tergantung skill yang kamu punya juga sih.

      Delete
  10. hi ka Saumi , mau nanya apakah magang/PKL di Lazada harus bisa berbahasa inggris ? mohon respon dan jawabannya ya kak , terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Shaqilla! Menurut saya sebaiknya bisa berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya karena nanti saat bekerja kita akan berhubungan (baik langsung maupun nggak langsung) dengan tim dari Singapura/Filipina/Malaysia/Vietnam. Bahkan atasan saya waktu dulu itu orang Prancis, jadinya saya ngobrolnya sering kali dengan bahasa Prancis.

      Delete
  11. Hai kak setelah kaka magang di lazada,apa dikasih semcam sertifikta gitu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Kalo pengalaman saya sih nggak dapet, tapi mungkin kalo minta surat referensi dari atasan langsung bisa kayaknya.

      Delete
  12. Halo, kak Saumi. Boleh tanya untuk posisi Buying Analyst apakah kakak tau seperti apa gambaran pekerjaannya? Ohya, jika ikut internship,apakah ada tindak lanjut setelah masa magang habis? Thank u:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Deliana. Maaf baru balas. Saya sih kurang paham mengenai Buying Analyst, tapi kalau saya googling sih kurang lebih beini:
      What Does A Buying Analyst Do
      Management analysts, often called management consultants, propose ways to improve an organization’s efficiency. They advise managers on how to make organizations more profitable through reduced costs and increased revenues.

      Nah, sebenarnya tidak ada perjanjian di awal bahwa setelah masa magang akan diangkat sebagai karyawan tetap. Namun biasanya kalau sudah 2 term masa magang biasanya suka ada penawaran untuk lanjut, tapi tidak selalu. Seperti itu...

      Delete
  13. Hai, kak saya mau tanya. Sebelumnya kan saya memang apply Graduate Analyst-Key Account Management-Indonesia position at Lazada Group di tanggal 19 Maret 2021. Pada hari ini di tanggal 24 Maret 2021, saya mendapatkan sebuah email yang dikirimkan oleh Talent Central dengan subjek LAZADA INDONESIA_Assessment for [May/Jun2021 Graduate Analyst - Indonesia] isinya

    Hello,

    You receive this email as part of LAZADA INDONESIA [May/Jun2021 Graduate Analyst] recruitment assessment.

    YOU MUST COMPLETE the assessment as per describe below, and agree to all the test's instructions.

    Please anticipate follow up email within 2 working days after completion of all tests.

    The type of tests:

    Video Interview – Interview powered by AI (Artificial intelligence) - 13 mins. Requirement: computer with active camera and microphone.

    Psychometry – General Intelligence Assessment – 36 mins. Requirement: Computer, calculator, pen, and paper for your own scribble. Dan terdapat link yang harus diklik, kak tapi isinya aneh. Apa itu benar dari pihak Lazada atau tidak ya, kak?

    Maaf ya, kak saya tanya terlalu panjang karena bingung harus menghubungi siapa? Terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh saya juga dapet barusan ini kak heheh. Kayanya harus video interview sama AI ga sih? Setelah itu baru deh general ability kaya itung2an gitu.

      Delete
    2. Saya juga dapet kak email yang serupa. gimana kak alur testnya? khususnya untuk yang Video interviewnya gimana kak? Maaf saya kurang paham.

      Delete
    3. Halo semua, maaf ya baru bisa balas komentar kalian soalnya sudah lama banget ga buka blog.

      Untuk proses perekrutan sekarang tuh saya kurang paham karena sepertinya sudah berbeda dengan saya dulu. Cuma ketika dulu proses menuju interview user (atasan langsung) itu ada interview dengan HRD, terus tes semacam psikotes dan tes untuk bidang yang kita lamar. Kalo ga salah total waktu sesi interview HRD dan tes saya ketika itu sekitar 2 jam lah. Waktu itu sih masih tatap muka ya karena belum ada COVID-19, mungkin sekarang secara virtual itu.

      Untuk alamat HR yang sekarang saya kurang tahu. Tapi alamat email resmi yang dipakai setahu saya berakhiran @lazada.co.id . Tetap waspada aja kalau misalnya nerima email bukan dari alamat email yang ujungnya selain yang saya sebutin barusan, takutnya email penipuan.

      Good luck!

      Delete
  14. Hai Kak mau nanya saya kemarin you receive this email as part of LAZADA INDONESIA [May/Jun2021 Graduate Analyst], habis tuh disuruh followup. followup ke mana ya kak?boleh minta email HR salah satunya? soalnya saya sudah call ke cs juga tidak membantu.Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk alamat HR yang sekarang saya kurang tahu. Maaf yaaa

      Delete
  15. Hai kak Saumi,kalau buat anak kuliah yg jurusan Manajemen enaknya kalau mau magang di Lazada ambil bagian apa ya? Di account Management Interns cocok apa nggak?

    ReplyDelete