Sunday, August 28, 2016

Lulus!

Halo semua!

Wah, lumayan lama juga ya gue nggak update. Um, tapi nggak tanpa jejak banget sih ya, kan kalian masih bisa lihat update-an sehari-hari gue lewat media sosial gue yang lain, Instagram misalnya. Bisa kalian lihatlah gue lebih sering update di sana karena kepraktisannya nggak perlu ngetik panjang-panjang. Ya, sejujurnya memang dasar gue lagi males update blog aja sih intinya. Hehehe...

By the way, gue mau ngasih info bahagia nih ke kalian. Yes! Kemarin gue diwisuda dan resmi punya gelar Sarjana Humaniora alias S. Hum. di akhir nama belakang gue. Jadinya, sekarang gue bisa nulis di kartu nama Saumi Rahmantika, S. Hum.

O merci Mon Dieu, akhirnya setelah berdarah-darah menjalani kuliah selama 4 tahun di jurusan tercinta, plus setahun di jurusan tercintanya orang lain, gue akhirnya lulus juga! Puji syukur bisa lulus tepat waktu dan di waktu yang tepat. Nggak kurang, nggak lebih.

*Buat teman-teman yang mau dan masih berjuang di Sastra Prancis UI, semangat ya! Kuliah mah nggak seberapa dibanding dunia kerja, katanya... Hahaha*



Nggak kayak cewek kebanyakan, gue datang ke wisudaan pake setelan semi-formal aja dengan pulasan make up oleh kakak gue. Gue pikir, toh baju gue kan nanti ketutupan toga ya jadi ngapain juga harus ngejahit kebaya mahal-mahal cuma dipake buat sehari. Gue cuma beli bawahan aja, itu juga belinya last minute di MySize karena sedikit dipaksa kakak gue. Jadilah atasannya gue pake blous brokat pendek warna putih gading (yang pernah gue pake ke acara tunangannya Nadia Vega) dan bawahannya pake rok panjang abu-abu. Yes, spesial di hari wisudaan gue pake rok dong, tapi jangan ditanya gimana gaya jalan gue ya! Ngangkang! Ya sudahlah ya...

On the way to Balairung Universitas Indonesia

Acara wisuda dimulai dengan khidmat. Merinding rasanya bisa duduk di bangku wisudawan dan mendengarkan dedek-dedek emesh paduan suara menyanyikan lagu-lagu andalan Pak Dibyo tiap wisuda. Inget waktu empat tahun yang lalu gue ada di posisi dedek-dedek emesh itu nyanyi untuk wisudawan, eh, sekarang gue kesampean jadi wisudawan UI dinyanyiin sama mahasiswa baru.

Gue-Fiqih Nadia-Aye

Selama prosesi wisuda diiringi hujan gluduk dan bikin banjir di pelataran Balairung UI. Niat hati foto bareng anak-anak jurusan di depan Rektorat musnah sudah. Gara-gara banjir itu mood gue berantakan juga, penginnya buru-buru balik aja karena pasti jalanan keburu macet banget-banget-banget apalagi jalan Margonda kalo UI lagi ada wisuda kayak sekarang.

Pas akhir acara, gue menghampiri keluarga gue yang duduk di barisan VVIP. Gue langsung nangis bahagia dan memeluk kakak gue-kakak ipar gue-ponakan-ponakan gue bergantian. Di situ gue sadar satu hal, ada satu bangku kosong di sana, kurang satu orang duduk di deretan keluarga gue. Bangku itu seharusnya diduduki oleh Ibu. Diduduki oleh seorang wanita paruh baya yang sedang tersenyum bangga melihat putri bungsunya telah berhasil menuntaskan satu fase penting dalam hidupnya. Bangku yang seharusnya gue hampiri penuh sukacita saat wisuda berakhir. Dan bangku kosong itu tetap gue hampiri dengan air mata yang nggak mampu gue bendung saking derasnya. Gue nangis tambah kejer.

Teh Lisye (Kakak gue)

Audrey-Mas Widi (Kakak Ipar)-Hillary


"Bu, anak bungsu Ibu wisuda hari ini. Anak bungsu Ibu udah jadi sarjana, Bu," kata gue berbisik, yang bikin air mata gue tambah nggak berhenti turun. Gue masih ingat senyum Ibu saat tahu gue bahagia di jurusan pilihan gue sendiri waktu semester satu dulu, wajahnya sumringah. Beda banget sama waktu gue masih di fakultas tetangga.

Pas menuju tempat foto (ala-ala) studio di pelataran Balairung, sahabat SMA gue nelpon dan bilang kalo dia kejebak hujan di stasiun Pondok Cina yang lokasinya persis seberang Balairung. Cukup kaget juga gue ternyata ada yang mau dateng ke wisudaan gue, karena jujur gue nggak ngundang siapa-siapa. Pendamping wisuda aja nggak ada.

Gue nungguin Ditha di lokasi yang strategis dan nggak terlalu banjir supaya gampang ketemunya. Eng ing eng, dia ternyata bawa banyak barang sambil hujan-hujanan. Ada bantal, ada kembang. Duh, pokoknya makasih banyak loh Dit, sampe repot-repot gitu. Awalnya udah panik aja takutnya malah bikin papan kembang segede gaban pake tulisan aneh-aneh. Hehehe

Ditha & Gue




Acara berlanjut foto-foto di foto studio dadakan ala UI gitu dan kemudian kita bergegas ke mobil. Lo tahu, dua jam aja dong kita kena macet buat keluar dari parkiran! Terus karena Margonda macet parah (di Maps warnanya merah darah), kita mutusin buat pulang lewat JORR dan ternyata akses kesana agak sedikit banjir di tolnya yang akhirnya bikin macet parah juga. Depok-Tanjung Barat-Bogor itu 5 jam, dan semalem kita nyampe setengah sebelas di restoran. Iye, laper banget!

Langsung tepar dan tadi pagi bangun dengan perasaan lega sudah melewati fase kuliah S1. Bahagia!!!

Well, udah dulu ya ceritanya. Ini waktunya gue nyiapin presentasi karena Selasa masih ada satu tugas tersisa untuk tampil di International Undergraduate Symposium on Humanity and Arts (INUSHARTS) 2016 yang bakal digelar besok sampai tanggal 31 Agustus 2016. Walaupun gue tampilnya masih hari Selasa, gue pengin nyiapin PPT semaksimal mungkin karena peserta simposiumnya dari berbagai negara.

Adieu!

No comments:

Post a Comment